Top Wisata Jakarta Pusat

By admin Travel Guide Jakarta Komentar
Wisata Jakarta Pusat

Jakarta sebagai ibu kota negara tentu merupakan sebuah tempat yang memiliki banyak kisah. Salah satu kawasan Ibu Kota yang akan memberikan banyak sajian menarik, terutama tentang perjalanan republik ini adalah Jakarta Pusat. Daerah sentral Jakarta yang juga terdapat ring satu atau area terdekat dengan Presiden Republik Indonesia ini memang memiliki banyak suguhan untuk para wisatawan. Nah berikut ini beberapa top wisata Jakarta Pusat yang bisa kita kunjungi.

Klik disini untuk Sewa Mobil di Jakarta

 

  • Monumen Nasional (Monas)

Monumen Nasional Wisata Jakarta Pusat

Monumen nasional atau lebih dikenal dengan sebutan Monas merupakan sebuah tugu setinggi 132 meter yang berada di sebuah lapangan yang dahulu bernama Lapangan Ikada (Ikatan Atletik Djakarta). Monumen yang menjadi ciri khas Ibu Kota Jakarta sekaligus negara Indonesia ini memang sudah sangat populer. Sebab berada di area alun-alun seluas 80 hektar, Tugu Monas nampak gagah dan sangat mempesona untuk disaksikan. Selain berfoto-foto, Anda juga bisa naik ke area cawan atau juga sampai ke puncak monas dengan naik lift untuk menyaksikan pemandangan kota Jakarta dari ketinggian. Di dalam area dalam cawan monas sendiri kita bisa menyaksikan diorama perjalanan Bangsa Indonesia dan juga mendengar rekaman suara Ir. Soekarno membacakan proklamasi.

 

  • Museum Nasional (Museum Gajah)

Museum Gajah Wisata Jakarta Pusat

Berada di Jalan Medan Merdeka Barat No. 12, Jakarta Pusat, kita bisa mendatangi Museum Nasional atau Museum Gajah. Dinamakan Museum Gajah, karena di sini, tepatnya di depan museum, ada sebuah patung gajah terbuat dari perungu yang merupakan pemberian Raja Thailand. Museum yang berstatus sebagai museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara ini memang sangat menarik. Sebab di sini banyak koleksi peningggalan sejarah yang bisa dijumpai. Setidaknya ada lebih dari 140.000 koleksi yang bisa didapati di Museum Nasional. Beberapa koleksi peninggalan sejarah di sini antara lain arca, prasasti, barang-barang perunggu, wayang kulit, tekstil, keramik, alat musik tradisional, perhiasan kuno, tengkorak manusia purba, dan lainnya.

 

  • Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki Wisata Jakarta Pusat

Jika Anda adalah penggemar budaya dan pertunjukannya, maka Anda bisa mendatangi Taman Ismail Marzuki yang berada di Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat No.73. Beberapa acara atau pertunjukan yang bisa dinikmati di Taman Ismail Marzuki adalah wayang kulit, teater drama, tari, puisi, lukisan, musik, dan film. Selain pagelaran budaya, di sini Anda juga bisa mendapati sebuah bangunan bernama planetarium. Di Planetarium ini Anda bisa belajar tentang astronomi atau ilmu perbintangan dan benda-benda langit. Taman Ismail Marzuki memang merupakan sebuah pusat kesenian dan kebudayaan di Jakarta. Apalagi di sini ada beberapa ruang yang mendukung seni dan budaya yang akan ditampilkan seperti panggung pertunjukan, balai pameran, bioskop, galeri, gedung arsip, dan juga 6 teater modern. Jadi berlibur ke sini akan menjadi sesuatu yang tepat untuk Anda para pecinta seni dan budaya.

 

  • Tugu Proklamasi

Tugu Proklamasi Wisata Jakarta Pusat

Anda tahu tempat pembacaan proklamasi oleh Soekarno pada tahun 1945? Jika Anda mengenal Jalan Pegangsaan Timur No. 56 maka saat ini alamat ini telah berubah menjadi Jalan Proklamasi yang merupakan tempat atau area dimana berdiri Tugu Proklamasi. Di sini ada sebuah tugu yang menyimbolkan peringat proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan tanda petir di puncak tugu. Sebagai tempat pembacaaan proklamasi, tentu di area tugu ini Anda bisa mendapati banyak kisah sejarah menarik. Dengan didampingi guide atau pemandu wisata, maka di tempat ini Anda bisa mendengar kisah detik-detik proklamasi dengan detail sambil membayangkan suasana saat itu di sini.

 

  • Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Museum Perumusan Naskah Wisata Jakarta Pusat

Sebelum proklamasi dibacakan, dibuatlah naskah di sebuah rumah yang berada di Jalan Imam Bonjol No. 1, Jakarta Pusat. Di rumah yang dulu merupakan kediaman Laksamana Maeda yang kini menjadi museum, kita bisa mendapati berbagai benda dan koleksi lainnya yang berhubungan dengan peristiwa perumusan naskah proklamasi. Selain berbagai benda di sini kita juga bisa mendapati diorama yang menggambarkan Soekarno yang sedang berdiskusi dan juga Sayuti Melik yang sedang mengetik naskah proklamasi.

 

  • Pasar Tanah Abang

Pasar Tanah Abang Wisata Jakarta Pusat

Bagi Anda yang hobi berbelanja maka Anda tak boleh melewatkan Pasar Tanah Abang. Pasar Tanah Abang sendiri merupakan pasar grosir terbesar se-Asia Tenggara. Di pasar ini Anda bisa berbelanja aneka busana fahshion dengan harga yang lebih murah karena dijual dengan harga grosir. Dengan suasana pasar modern yang sudah dilengkapi lift, eskalator dan juga AC, Anda pun bisa berbelaja dengan nyaman.

 

  • Museum Tekstil Jakarta

museum tekstil wisata jakarta pusat

Terakhir, top wisata Jakarta Pusat yang menarik untuk dikunjungi adalah Museum Tekstil Jakarta. Di museum ini Anda tidak hanya bisa menjumpai beberapa koleksi kain nusantara. Tapi di sini Anda juga bisa mencoba membatik di pendopo batik yang ada dibelakang area museum. Jika tertarik, datang saja ke Museum Tekstil Jakarta yang berada di Jalan Aipda Ks Tubun No.2 Jakarta Pusat.

 

Inilah beberapa top wisata Jakarta Pusat yang bisa Anda datangi saat berlibur di Ibu Kota. Karena jarak beberapa tempat wisata ini yang berjauhan, maka transportasi menjadi hal yang mutlak diperlukan. Agar lebih leluasa ke beberapa destinasi, maka Karental.ID akan menjadi sebuah pilihan yang tepat untuk Anda.

Klik disini untuk Sewa Mobil di Jakarta

 

Related Posts

Top Wisata Jakarta Utara

2017-08-17 2 Comments

Jakarta Utara bukanlah wilayah yang baru bagi Jakarta. Hal ini dikarenakan pertumbuhan dan perkembangan Kota […]

Alternatif Transportasi di Jakarta

2017-05-03 2 Comments

Kemacetan menjadi salah satu masalah yang pelik di berbagai kota besar di dunia. Begitu pula […]

Pilihan Akomodasi Saat Mengunjungi Kota Jakarta

2017-05-03 2 Comments

Sebagai ibu kota negara Indonesia, Jakarta dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai. Tidak hanya tempat […]

Persiapan Sebelum Mengunjungi Kota Jakarta

2017-05-03 2 Comments

Jakarta merupakan ibukota negara Indonesia. Sama seperti ibukota negara lainnya, Jakarta menawarkan modernisasi dengan lansekap […]

Comment