Siapa programmer pertama di dunia?

Pernahkah Anda mendengar tentang Ada Lovelace Day? Ada Lovelace Day adalah perayaan yang dirayakan sebagai ucapan terima kasih kepada Ada Lovelace atas kontribusinya pada dunia teknologi. Selain itu, perayaan ini juga dimaksudkan untuk mengakui prestasi perempuan yang telah sukses berkarir di bidang MINT (ilmu alam, teknologi, teknik dan matematika). Lalu apa saja layanan Ada Lovelace? Selidiki, Ada Lovelace adalah programmer wanita pertama di dunia dan wanita yang menguasai bidang STEM!

Menurut catatan, perayaan ini diprakarsai oleh pakar teknologi Suw Charman-Anderson

. Acara ini sudah berlangsung sejak tahun 2009 dan diperingati setiap hari Selasa di minggu kedua bulan Oktober. Dengan Hari Ada Lovelace, dunia akhirnya menyadari bahwa wanita tidak hanya bekerja dengan baik di dapur, tetapi juga dapat melakukan pekerjaan yang dimonopoli oleh pria.

Kisah karir programmer pertama di dunia

Lalu bagaimana perjalanan karir Ada Lovelace hingga menjadi programmer komputer wanita pertama di dunia? Ada Lovelace, yang bernama asli Ada King, menjadi salah satu wanita beruntung pada masanya. Alasan untuk ini adalah bahwa putri penyair Lord Byron menerima pelajaran matematika dan sains, yang tidak biasa bagi wanita pada saat itu.

Dia memanfaatkan kesempatan langka ini. Seorang matematikawan

dan penemu kalkulator mekanik bernama Charles Babbage ditunjuk sebagai mentornya.

Pada tahun 1843 Ada diminta untuk menerjemahkan artikel bahasa Prancis tentang mesin terbaru. Menariknya, Ada membawa pendapat pribadinya ke dalam terjemahan. Bisakah Anda menebak detail pendapat Ada yang akhirnya menjadi algoritma pertama di dunia?

Dikutip Independent.co.uk, Ada menambahkan bahwa mesin tersebut berpotensi menerjemahkan gambar, musik menjadi teks, ke dalam bentuk digital. Meski begitu, teori ini disebut-sebut sebagai algoritma komputer pertama di dunia! Berkat penemuan ini, Ada Lovelace dianggap sebagai programmer komputer wanita pertama di dunia.

Ada Lovelace tidak hanya menjadi programmer wanita pertama di dunia

. Ia juga menjadi panutan bagi para wanita yang bercita-cita atau sedang bercita-cita untuk berkarir di bidang STEM. Ketika ada niat dan semangat, tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini bukan?

Lihat Juga :

https://merkbagus.id/
https://www.gurupendidikan.co.id/
https://www.dosenpendidikan.co.id/
https://teknosentrik.com/
https://daftarpaket.co.id/
https://memphisthemusical.com/
https://www.dulurtekno.co.id/
https://www.i4startup.id/
https://dolanyok.com/
https://4winmobile.com/