Pilihan Akomodasi di Yogyakarta

By admin Travel Guide Jogja Komentar

Berlibur ke Yogyakarta atau Jogja tentu tidak cukup satu atau dua hari. Untuk mendapatkan pengalaman yang seru dan mengesankan Anda seharusnya merencanakan liburan di Jogja minimal tiga hari. Dengan banyaknya waktu yang Anda luangkan saat berlibur ke Jogja maka keistimewaan kota ini akan bisa Anda rasakan dengan maksimal. Nah karena Anda harus menginap beberapa hari di Kota Jogja maka sudah pasti Anda akan membutuhkan akomodasi atau penginapan. Penginapan di Jogja sendiri jumlahnya banyak dan banyak pilihan. Anda bisa bermalam dibeberapa jenis penginapan sesuai anggaran dan fasilitas yang diinginkan. Nah berikut ini beberapa pilihan akomodasi di Yogyakarta untuk menginap dan bermalam saat liburan di kota gudeg ini.

  1. Hotel

Penginapan paling umum dan pilihan paling mudah dijumpai di Jogja tentu saja adalah hotel. Di Jogja pilihan hotel sangatlah banyak. Anda bisa dengan leluasa memilih hotel yang ada di Jogja. Tapi sebelum Anda memutuskan untuk menginap di hotel tentu Anda sudah menyiapkan budget di atas rata-rata. Harga sewa kamar di hotel memang terbilang lebih tinggi dibandingkan dengan penginapan jenis lain. Namun karena keberadaan hotel saat ini jumlahnya banyak membuat persaingan tak terhindarkan. Persaingan yang sengit antar hotel untuk mendapatkan penyewa ini akhirnya membuat beberapa hotel harus menurunkan harga sewanya. Anda hanya perlu pintar-pintar mencari hotel yang menawarkan harga miring untuk kamar per-malamnya. Beberapa hotel di Jogja yang bisa Anda jadikan tempat bermalam sendiri adalah Greenhost Boutique Hotel, Hotel Santika Premiere Jogja, Jogjakarta Plaza Hotel, Abadi Hotel Jogja, BHUMI Hostel, Amaris Hotel Diponegoro, favehotel Kusumanegara, Aloha Hotel, Zest Hotel Yogyakarta, EDU Hostel Jogja dan lain sebagainya.

  1. Homestay

Pilihan berikutnya akomodasi untuk mendukung kegiatan liburan di Jogja adalah Homestay. Penginapan yang sering juga disebut Guest house ini akan menjadi pilihan menarik untuk Anda yang membawa rombongan. Ini karena di homestay, Anda bisa menyewa sebuah sebuah rumah secara keseluruhan. Namun bila Anda datang sendiri atau berdua, maka Anda bisa menyewa satu kamar saja. Konsep homestay atau guest house memang sebuah rumah atau hunian. Nah dengan konsep seperti ini maka Anda akan bisa menginap seperti di rumah sendiri. Apalagi homestay di Jogja banyak yang menawarkan suasana Jawa. Maka Anda di homestay akan menginap dengan pengalaman yang berbeda. Beberapa homestay di Jogja antara lain Rumah Gejayan, Venezia Homestay Backpacker, Wisma Palagan, Catalia 14 Guest House, Agung Guest House, Grha Kalyana Guesthouse, Gubug Jawa Homestay, Griya Putri Dewi Family Guesthouse dan lain sebagainya.

  1. Hostel

Jika Anda ingin menginap di sebuah tempat yang berkonsep seperti hotel dengan tarif yang bersahabat dan ramah kantong maka pilihannya adalah hostel. Hostel memang menghadirkan tempat menginap bagi para pelancong dengan budget yang terbatas. Meski termasuk jenis penginapan murah, beberapa hostel tetap mencoba menghadirkan beberapa pelayanan tertentu. Persaingan ketat yang juga terjadi di penginapan kelas bawah pada akhirnya memang membuat beberapa hostel mencoba memberikan pelayanan maksimal agar para tamunya betah dan menjadikan hostelnya sebagai referensi. Keberadaan hostel di Jogja memang cukup banyak. Dari sini maka Anda bisa memilih hostel yang sesuai keinginan. Beberapa hostel di Jogja yang bisa Anda pilih antara lain Pesona Artha Hostel, EDU Hostel, De Hostel, MashBrow Hostel, Retra’s Hostel, Omah Cilik, Vogel Hostel, BHUMI Hostel, Losmanos Hostel dan lain sebagainya.

  1. Villa

Jogja yang memiliki beberapa wisata alam di ketinggian (pegunungan), membuat penginapan villa bisa Anda jumpai. Villa memang identik dengan penginapan di daerah pegunungan, meski sebenarnya bisa juga di dataran rendah yang dekat dengan pantai. Beberapa villa di Jogja sendiri bisa Anda dapati dekat dengan beberapa obyek wisata. Dengan konsep rumah maka Anda bisa menginap di villa ini dengan lebih ‘hommy’. Beberapa villa di Jogja yang bisa Anda jadikan tempat menginap dan bermalam adalah Family Villa, Purworaras Villa, Villa Merpati Kaliurang, Villa Banjoe, The Cangkringan Jogja Villas & Spa, Villa hani`s, Villa Hawila, dan lainnya.

 

  1. Resort

Terakhir, pilihan akomodasi di Yogyakarta adalah resort. Bila Villa bisa jadi berada agak jauh dari obyek wisata, maka Resort umumnya berada sangat dekat dengan tempat wisata. Meski memiliki lokasi yang strategis dengan obyek wisata, namun jika Anda memilih bermalam atau menginap di resort maka sangat mungkin Anda harus menyiapkan dana yang lebih besar. Ditambah lagi dengan keterbatasan tempat dan juga persaingan yang rendah maka membuat harga sewa resort makin tak tersaingi. Keberadaan resort terutama di Jogja memang tidak terlalu banyak seperti penginapan-penginapan lain. Maka dari itu Anda yang ingin menginap di resort sebaiknya memikirkan dulu kebutuhan yang ada. Beberapa resort yang bisa Anda jadikan tempat bermalam di Jogja sendiri adalah Omkara Resort, Alam Jogja Resort, Kampung Labasan Resort, Sambi Resort, The Westlake Resort, Kalyana Resort, Java Village Resort, Sumberwatu Heritage Resort, Green Zone Resort dan lainnya.

Inilah beberapa pilihan akomodasi di Yogyakarta yang bisa Anda jadikan tempat bermalam atau menginap saat berlibur di Jogja. Untuk Anda yang ingin melakukan survey tempat penginapan atau akomodasi tentu Anda membutuhkan kendaraan. Nah agar Anda lebih leluasa dalam kegiatan survey penginapan ini maka Anda bisa memilih Karental.ID yang kredibel.

Related Posts

Comment