Persiapan Sebelum Mengunjungi Kota Jakarta

Oleh admin Travel Guide Jakarta Komentar
Persiapan Sebelum Mengunjungi Kota Jakarta

Jakarta merupakan ibukota negara Indonesia. Sama seperti ibukota negara lainnya, Jakarta menawarkan modernisasi dengan lansekap gedung-gedung yang menjulang tinggi. Dilain sisi, Jakarta memiliki beberapa objek wisata yang wajib dikunjungi. Selain menarik dan menghibur, beberapa tempat wisata tersebut menyimpan histori tersendiri. Bagi para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, yang hendak mengunjungi kota Jakarta maka sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini :

Sewa Mobil Jakarta

 

Jadwal Keberangkatan

Indonesia merupakan negara tropis yang hanya terdiri dari dua musim saja, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Hal ini juga berlaku untuk kota Jakarta. Menurut BMKG, musim hujan di Jakarta untuk tahun 2016/2017 dimulai pada bulan Desember 2016 dan diperkirakan akan memasuki musim kemarau pada bulan April – September 2017. Namun, tidak menutup kemungkinan hujan akan tetap turun pada musim-musim kemarau. Jika tidak ingin liburan Anda terganggu, sebaiknya jangan berkunjung pada musim hujan karena di beberapa area akan terjadi banjir.

Selain itu, hari libur nasional dan libur anak sekolah di Indonesia juga dapat menyebabkan Jakarta dipenuhi oleh para wisatawan. Jumlah mereka yang membludak dapat menyebabkan kemacetan lalu lintas, antrian dimana-mana dan tempat wisata pun menjadi penuh sesak. Di Indonesia, setiap semester (6 bulan) sekali, terutama setelah menghadapi ujian maka anak sekolah akan libur selama kurang lebih dua minggu. Biasanya libur semester pertama berlangsung pada awal bulan Juli dan libur semester kedua berlangsung pada akhir bulan Desember. Supaya lebih jelas, coba perhatikan kalender pendidikan berikut ini, sudah dilengkapi pula dengan jadwal libur nasional.

Mata Uang dan Budget

Mata uang negara Indonesia adalah Rupiah. Terdapat beberapa pecahan Rupiah yang dapat Anda tukarkan yaitu, Rp 100, Rp 200, Rp 500, Rp 1000, Rp 2000, Rp 5000, Rp 10.000, Rp 20.000, Rp 50.000, dan Rp 100.000. Anda dapat menukarkan Rupiah di negara Asal Anda, tetapi di beberapa tempat di Indonesia juga menyediakan penukaran uang asing dengan pecahan sesuai yang diinginkan. Anda juga dapat menggunakan XE Currency Converter untuk mengetahui nilai tukar mata uang Anda. Jika Anda malas membawa uang tunai maka Anda dapat menggunakan uang elektronik, debit card, atau credit card. Namun, tidak semua tempat menyediakan sistem pembayaran tersebut.

Untuk urusan budget, Indonesia termasuk salah satu negara dengan biaya hidup yang tidak terlalu mahal. Biaya menginap di hotel Jakarta yang paling murah yaitu sekitar Rp 200.000 per malam. Jika Anda memilih untuk makan di restaurant, rata-rata harga makanannya adalah Rp 20.000 – Rp 70.000. Sedangkan untuk tiket masuk ke beberapa objek wisata seperti Monas, Kota Tua, dan lainnya biasanya gratis. Kalaupun harus membayar maka harganya tidak terlalu mahal sekitar Rp 5000 – Rp 50000, kecuali taman bermain seperti Dufan, Sea World dan sebagainya.

Bahasa Indonesia

Indonesia tidak menggunakan Bahasa Inggris sebagai Bahasa utama. Indonesia memiliki Bahasa sendiri yaitu Bahasa Indonesia. Sekilas Bahasa Indonesia mirip dengan Bahasa Melayu yang biasa digunakan oleh beberapa negara di Asia tenggara, tetapi sedikit berbeda. Bagi Anda yang tidak mengerti Bahasa Indonesia sama sekali maka akan sedikit kesulitan ketika berada di Jakarta. Pasalnya, banyak orang Jakarta yang tidak begitu mahir berbahasa Inggris. Bahkan beberapa petunjuk di tempat umum juga tidak mencantumkan terjemahan dalam Bahasa Inggris.

Oleh karena itu, Anda harus sedikit memahami Bahasa Indonesia, terutama percakapan-percakapan singkat ketika hendak berbelanja, menaiki kendaraan umum, dan bertanya mengenai lokasi. Website expat.or.id mungkin dapat membantu Anda untuk sedikit mempelajari Bahasa Indonesia. Jangan lupa juga untuk membawa kamus atau meng-install Google Translate pada ponsel Anda.

Imigrasi (Pasport dan Visa)

Berdasarkan Peraturan Presiden no. 21 tahun 2016, Indonesia telah memberikan visa kunjungan secara gratis kepada 169 negara. Alasannya agar warga negara tersebut dapat masuk dan keluar wilayah Indonesia secara mudah sehingga dapat meningkatkan perekonomian melalui kunjungan wisatawan mancanegara. Bebas visa yang diberikan berupa izin tinggal kunjungan selama 30 hari dan tidak dapat diperpanjang atau diubah menjadi izin tinggal lainnya. Jika Anda ingin mengunjungi Indonesia untuk berwisata di Kota Jakarta maka Anda dapat memanfaatkan visa gratis ini. Untuk mengetahui apakah negera Anda termasuk salah satunya, silahkan kunjungi laman Imigrasi Indonesia.

Alat Komunikasi

Beberapa negara mungkin lebih banyak menggunakan locked phone yang sudah bekerjasama dengan provider telekomunikasi lokal. Jika Anda membawa locked phone ke negara lain, misalnya Indonesia, belum tentu provider tersebut dapat Anda gunakan di Indonesia. Jika Anda mengunjungi kota Jakarta, cara termudah untuk menelpon dan mengakses internet adalah dengan membeli unlocked phone dan SIM card Indonesia. Selama unlocked phone Anda beroperasi pada frekuensi jaringan 900/1800 GSM maka dapat digunakan di Indonesia. Perlu diketahui pula bahwa di Indonesia handphone disebut hp (dibaca “ha-pei”) dan credit disebut pulsa (dibaca “pool-sa”.)

Di pinggir jalan Jakarta, ada banyak sekali toko yang menjual SIM card dan pulsa. Ada beberapa provider yang bisa dipilih seperti Telkomsel, Indosat, XL, dan Three. Semua provider tersebut dapat digunakan di seluruh wilayah Indonesia. Namun, tarif menelpon dan paket internet dari masing-masing provider berbeda-beda.

Sewa Mobil Jakarta

 

Komentar