Persiapan Sebelum Mengunjungi Kota Bandung

By admin Travel Guide Bandung Komentar
Persiapan Mengunjungi Bandung

Bandung adalah sebuah kota yang menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Lokasinya yang terletak di daerah pegunungan membuat udara Bandung terasa begitu sejuk. Selain dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, Bandung juga memiliki beragam tujuan wisata yang unik. Jika Anda sedang berada di Indonesia, Jangan lupa mampir ke kota Bandung. Lakukan beberapa persiapan berikut ini sebelum mengunjungi Bandung!

Klik disini untuk Sewa Mobil di Bandung

 

Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Bandung?

Sebagai salah satu kota tujuan wisata, tidak heran jika pada waktu tertentu Bandung menjadi begitu ramai oleh wisatawan, terutama pada saat akhir pekan dan libur panjang. Jika Anda tidak ingin berdesakan dengan pengunjung lainnya, sebaiknya datanglah pada hari biasa. Anda dapat memperhatikan jadwal libur nasional dan libur sekolah di Indonesia untuk menentukan waktu berlibur yang tepat. Biasanya libur sekolah di Indonesia berlangsung selama 2 minggu per semester, yakni pada awal bulan Juli dan akhir bulan Desember. Untuk hari libur lainnya, Anda dapat mengunjungi link kalender nasional!

Selain itu, perhatikan pula cuaca dan iklim di Indonesia. Indonesia adalah negara tropis yang hanya terdiri dari dua musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Musim hujan berlangsung pada awal tahun dan musim kemarau pada pertengahan tahun. Pada musim hujan, tentu saja hujan akan turun sepanjang hari, mengakibatkan banjir kecil di beberapa tempat. Anda akan sulit bepergian pada saat musim hujan!

Bagaimana cara menuju kota Bandung?

Dari negara asal Anda, bandara Internasional terdekat adalah bandara Soekarno Hatta yang terletak di kota Tangerang, Indonesia. Dari Bandara Soekarno Hatta, ada beberapa cara yang dapat dipilih. Pertama yaitu menggunakan taksi Bandara atau bus damri menuju stasiun Gambir di kota Jakarta, kemudian lanjut menggunakan kereta api ke Bandung. Cara kedua yaitu menggunakan bus Primajasa, mobil travel, atau mobil rental yang akan langsung mengantar Anda ke kota Bandung.

Cara mengungjungi Bandung - Persiapan Mengunjungi Bandung

Mata uang yang digunakan

Mata uang negara Indonesia adalah Rupiah. Semua transaksi di kota Bandung juga dilakukan dengan menggunakan Rupiah. Jadi sebaiknya Anda tukarkan terlebih dahulu uang Anda di negara Asal atau di beberapa tempat penukaran uang di Indonesia. Mata uang Indonesia berupa koin dan uang kertas. Pecahan uang koin yaitu 100, 200, 500 dan 1000 rupiah. Sedangkan pecahan uang kertas yaitu 1000, 2000, 5000, 10.000, 20.000, 50.000, dan 100.000 Rupiah. Nilai tukar rupiah IDR terhadap USD biasanya sekitar 13.000 Rupiah. Supaya lebih jelas, coba gunakan XE Currency Converter!

Jika Anda malas membawa uang tunai, dibeberapa pusat perbelanjaan modern Bandung sudah menerima sistem pembayaran menggunakan uang elektronik, kartu debit, atau kartu kredit.

Mata Uang Persiapan Mengunjungi Bandung

Bahasa Indonesia dan bahasa Sunda

Gerakan fasih berbahasa inggris mulai banyak diterapkan di Indonesia. Namun, tidak serta merta membuat semua warga Indonesia, khususnya Bandung, menjadi lancar berbahasa Inggris. Mengingat bahasa sehari-hari yang digunakan adalah bahasa indonesia maka tidak banyak warga Bandung yang dapat berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

Ditambah lagi dengan adanya bahasa Sunda yang menjadi bahasa daerah Kota Bandung, tentunya Anda akan semakin kesulitan untuk berkomunikasi. Alangkah baiknya jika Anda mempelajari terlebih dahulu percakapan singkat bahasa Indonesia sebelum berkunjung ke Bandung. Tetapi jangan khawatir, bahasa tubuh juga masih dapat digunakan!

Visa Persiapan Mengunjungi Bandung

Imigrasi, passport, dan visa

Untuk memasuki wilayah Indonesia secara legal, siapapun wajib memiliki passport dan visa. Beruntungnya Indonesia memberikan Visa Exemption secara gratis kepada 169 negara. Visa tersebut dapat digunakan untuk tinggal di Indonesia selama 30 hari, tetapi tidak bisa diperpanjang atau diubah menjadi izin tinggal lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi website Imigrasi Indonesia.

Meskipun kota-kota besar di Indonesia tidak begitu ketat terhadap para wisatawan asing, jangan lupa untuk selalu membawa passport dan visa Anda saat berkunjung ke Bandung. Saat memesan hotel atau tiket kereta, Anda harus menunjukan passport dan visa! Selain itu surat izin mengemudi internasional juga bisa digunakan di Indonesia.

Sim Card Persiapan Mengunjungi Bandung

Alat komunikasi

Untuk menelpon dan mengakses internet, Anda bisa menggunakan unlocked phone yang beroperasi pada jaringan GSM atau 4G dengan frekuensi 900/1800 MHZ. Begitu tiba di Indonesia, Anda harus segera membeli SIM card agar ponsel Anda dapat terhubung dengan provider Indonesia. Ada beberapa provider yang dapat dipilih, yaitu Telkomsel, Indosat, XL, dan Three. Semuanya dapat beroperasi diseluruh kota di Indonesia, termasuk Bandung.

Banyak sekali outlet pinggir jalan yang menjual SIM card untuk ponsel Anda. Bahkan di Bandara Soekarno Hatta terdapat beberapa outlet yang menjual SIM card tersebut. Namun, masing-masing provider menawarkan tarif menelpon dan internet yang berbeda-beda. Sekedar informasi, orang indonesia menyebut handphone sebagai hp (dibaca “ha-pei”) dan credit sebagai pulsa (dibaca “pool-sa”).

 

Klik disini untuk Sewa Mobil di Bandung

 

Related Posts

Wisata Kuliner Bandung

2017-08-15 2 Comments

Kota Kembang Bandung memang bukan hanya memiliki alam lingkungan yang spektakuler. Sebab daerah yang berada […]

Top 7 Wisata Bandung Selatan

2017-08-14 2 Comments

Berada di Kota Kembang Bandung memang membuat siapa pun jadi betah. Bagaimana tidak, dengan segala […]

Top 7 Wisata Bandung Barat

2017-08-14 2 Comments

Bandung bagian Barat merupakan sebuah wilayah tempat Anda berwisata berkonsep alam. Di sini memang banyak […]

Daftar Top 7 Wisata Bandung Utara

2017-08-14 2 Comments

Bandung adalah kota yang penuh dengan pesona. Menilik letak wilayahnya maka kita akan mendapati beberapa […]

Comment