Persiapan Mengunjungi Kota Jogja

By admin Travel Guide Jogja Komentar
panduan wisata yogyakarta

Yogyakarta atau sering disebut juga Jogja merupakan salah satu kota sekaligus Provinsi di Pulau Jawa yang sangat digemari wisatawan. Kota yang berada di Selatan Pulau Jawa ini sesuai dengan julukannya yakni Kota Istimewa memang selalu memikat siapa pun yang datang, baik itu wisatawan lokal atau mancanegara. Hal ini dikarenakan, kota yang kental dengan budaya jawa tersebut banyak menyuguhkan hal yang spesial bagi para pengunjungnya. Dari suguhan wisata alam, budaya hingga wisata kuliner bisa Anda dapati di kota yang mempunyai hari jadi tanggal 7 Oktober 1756. Namun untuk bisa menikmati sajian yang ada di Kota Jogja dengan optimal, Anda tentu membutuhkan beberapa persiapan. Lalu apa saja bentuk persiapan yang harus dilakukan untuk berlibur ke Kota Jogja? Berikut ulasannya.

Perlengkapan

Bentuk persiapan pertama saat akan berlibur ke Jogja adalah perlengkapan. Karena Jogja didominasi wilayah dataran rendah maka suhu udara di sini terbilang tinggi. Namun beberapa Kabupaten di Yogyakarta juga memiliki relief dataran tinggi. Dari keadaan yang beragam tersebut maka Anda harus menyiapkan perlengkapan yang bervariasi. Misalnya saat berada di Pusat Kota Jogja atau di pantai maka karena udaranya panas Anda perlu membawa dan memakai pakaian yang tidak tebal seperti kaos. Namun saat berada di daerah dataran tinggi seperti di Kaliurang atau di Imogiri atau di Barat Kulon Progo maka bisa jadi Anda kedinginan. Dari keadaan tersebut maka membuat Anda juga harus menyiapkan pakaian tebal untuk menangkal dingin. Selain pakaian, beberapa perlengkapan saat Anda akan ke pantai seperti krim sun block, papan selancar dan juga tikar untuk berjemur juga perlu disiapkan bila memang Anda merencanakan ke beberapa pantai di Jogja.

Anggaran

Untuk ke Jogja tentu Anda membutuhkan dana atau anggaran. Menariknya, anggaran yang perlu Anda siapkan untuk berlibur di Jogja ini bisa jadi lebih lebih murah dibanding dengan saat Anda berlibur ke kota lain. Hal ini dikarenakan harga-harga yang ada di Jogja terbilang terjangkau dan ramah dompet. Meski demikian, bukan berarti lantas Anda hanya membawa uang pas-pasan. Karena bisa jadi dengan banyaknya hal menarik di sini, maka Anda bisa ingin tinggal lama dan juga ingin membeli banyak produk. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dari uang Anda seperti hilang, maka Anda bisa hanya membawa uang tunai secukupnya. Sementara sisa uang lainnya siapkan saja di rekening bank. Di Jogja memang sudah banyak Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang bisa Anda manfaatkan untuk mengambil uang.

Transportasi

Untuk pergi ke Jogja pastinya Anda akan membutuhkan transportasi. Menariknya, untuk ke kota istimewa ini ada banyak pilihan transportasi yang bisa Anda pilih. Untuk yang datang dari daerah yang jauh, Anda bisa memanfaatkan pesawat terbang untuk bisa cepat sampai di Jogja. Jogja sebagai kota besar di Indonesia memang sudah memiliki Bandar Udara Adi Sucipto yang tarafnya sudah Internasional. Selain pesawat, Anda bisa ke Jogja dengan menggunakan trasnportasi ular besi yakni kereta api. Untuk Anda yang berencana naik kereta api ke Jogja maka banyak pilihan yang bisa Anda dapatkan, seperti kereta api Fajar Utama Yk, Argo lawu, Bima, Argo Anggrek, Taksaka, Malabar dan lain sebagainya. Bila Anda naik kereta api kelas ekonomi maka Anda akan turun di Stasiun Lempuyangan. Sementara Anda yang naik kereta api kelas eksekutif maka Anda akan turun di Stasiun Tugu Jogja. Transportasi lain yang bisa mengantarkan Anda ke Jogja adalah bus. Jika Anda naik bus maka tujuan Anda adalah Terminal Yogyakarta atau Terminal Jombor atau juga Terminal Giwangan. Setelah sampai di Jogja, Anda bisa keliling kota dengan beberapa moda transportasi seperti bus kota, angkot, taksi, dan juga sewa mobil Jogja.

Panduan wisata yogyakarta

Tujuan Wisata

Agar liburan Anda lebih optimal dan menyenangkan, maka sebelum pergi ke Jogja, Anda perlu mendaftar tempat-tempat wisata yang akan dikunjungi. Sebab bila Anda tidak melakukannya maka Anda akan kebingungan dan bisa jadi menghabiskan waktu yang sia-sia ketika sudah berada di Jogja. Tujuan wisata di Jogja sendiri sangat banyak dan tersebar di beberapa daerah dan kabupaten. Nah dari banyaknya destinasi wisata yang ada di Jogja tersebut tentu draft atau list tujuan wisata mutlak dibutuhkan. Selain list tujuan wisata, schedule atau jadwal kegiatan juga diperlukan agar liburan Anda di Jogja jadi maksimal dan memuaskan.

Akomodasi

Terakhir, hal yang perlu Anda siapkan ketika berlibur di Jogja adalah akomodasi. Dengan banyaknya keistimewaan yang dimiliki Jogja maka memang disayangkan bila Anda hanya berkunjung dalam beberapa jam saja. Untuk lebih bisa menikmati Kota Jogja maka Anda perlu menginap atau bermalam minimal 1 hari. Nah dari sinilah kebutuhan akan akomodasi multak diperlukan. Di Jogja sendiri ada banyak pilihan akomodasi yang bisa Anda gunakan untuk menginap. Dari hotel, guest house, hostel, villa, cottage, hostel dan lainnya bisa Anda jadikan sebagai tempat bermalam.

 

Related Posts

Comment