Pemuliaan Guru, Kunci Sukses Reformasi Pendidikan

Bank Dunia menyatakan dalam publikasinya The Promise of Education in Indonesia (18 tahun.

Indonesia juga telah membuat langkah besar dalam kesetaraan gender dalam pendidikan. Pada tahun 1975, 65 persen siswa adalah laki-laki; saat ini proporsi anak laki-laki dan perempuan kira-kira sama, meskipun ada perbedaan yang cukup besar di tingkat daerah.

Namun demikian, Bank Dunia menemukan bahwa tantangan utama yang dihadapi

pendidikan Indonesia adalah rendahnya kualitas pembelajaran di sebagian besar sekolah/kampus dan tingginya kesenjangan kualitas pembelajaran antarsekolah, khususnya di Jawa dan luar Jawa.

Rata-rata siswa tidak lulus UN di kelas 12, dan hingga 70 persen anak-anak tidak dapat menunjukkan kemampuan dasar membaca dan menulis sesuai kriteria Program for International Student Assessment (PISA) 2018.

Siswa berprestasi rendah adalah anak dari keluarga miskin

, anak yang tinggal di daerah terpencil, atau penyandang disabilitas.
Gaji guru dan dosen

Besarnya kesenjangan mutu pendidikan disebabkan oleh banyak faktor, antara lain ketersediaan infrastruktur yang masih terbatas dan tidak merata di seluruh pelosok tanah air.

Namun kendala utama pendidikan Indonesia terutama adalah Faktor Sumber Daya (SDM) yaitu guru dan dosen.

Dapatkan informasi, inspirasi, dan wawasan di email Anda.
email pendaftaran

Topik ini paling mengemuka pada Rapat Dengar Pendapat Umum Komisi X DPR RI

dengan Ikatan Guru dan Dosen pada 27 Maret lalu. Masalah klasik adalah gaji guru dan dosen Indonesia masih jauh di bawah standar sosial.

Gaji yang tidak memadai untuk guru dan dosen disebut-sebut sebagai salah satu penyebab utama rendahnya kualitas pendidikan. Gaji yang rendah membuat guru sibuk mencari penghasilan tambahan di luar sekolah/kampus. Mereka tidak fokus pada pengembangan karakter dan kompetensi mereka untuk melakukan proses pembelajaran yang berkualitas.

Bahkan, baru-baru ini, dalam laporan surveinya yang berjudul Teaching/Education Average Salaries in Indonesia 2021, lembaga survei internasional, Salary Explorer, menunjukkan bahwa gaji rata-rata seseorang yang bekerja di lembaga pendidikan di Indonesia mulai tahun 2021, termasuk akomodasi, transportasi, dan lainnya. manfaat, adalah Rp 12.900.000 per bulan. Gaji rata-rata terendah Rp 6.170.000, gaji rata-rata tertinggi Rp 23.500.000.

Studi lain menemukan bahwa 25 persen dari total guru sekolah berpenghasilan kurang dari Rp 8.110.000 per bulan, sementara 75 persen berpenghasilan lebih dari Rp 8.110.000 dan kurang dari Rp 16.300.000, dan 25 persen lainnya berpenghasilan lebih dari Rp 16.300. .000.

Namun ternyata survei tersebut hanya ditujukan kepada guru/dosen di sekolah/kampus komersial. Oleh karena itu, gambaran gaji orang-orang yang bekerja di sektor pendidikan di Indonesia tampak luar biasa. Laporan survei memberikan gambaran yang agak ambigu tentang kondisi gaji guru/dosen di Indonesia.

Karena pada kenyataannya gaji guru/dosen di Indonesia jauh di bawah. Gaji pokok guru PNS di DKI Jakarta, misalnya Kelas I: Rp1.560.800 – Rp2.686.500; Kelas II: Rp 2.022.200 – Rp 3.820.000; Kelas III: Rp 2.579.400-Rp 4.797.000; Kelompok IV: Rp 3.044.300 – Rp 5.901.200.

Selain gaji pokok, pejabat DKI Jakarta juga mendapat Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) yang lebih tinggi dari gaji pokok.

Calon guru PNS (CPNS) menerima TKD sebesar Rp. 3.100.000, sedangkan guru PNS di kelas IVc sampai IVe menerima TKD sebesar Rp. 6.521.250. Namun, pendapatan kotor guru PNS di DKI Jakarta masih di bawah nilai yang diberikan lembaga studi.

Pendapatan guru non-PNS (guru yayasan) bahkan lebih rendah. Di sebagian besar sekolah swasta, gaji guru sangat bergantung pada keterampilan yayasan yang mengatur.

Di sekolah yang dimiliki oleh yayasan besar dan kuat, guru baru biasanya mendapatkan gaji sekitar 3 hingga 3,5 juta. Namun guru yang sudah lama menjadi guru tetap digaji antara 7 sampai 10 juta rupiah/bulan. Namun, di sekolah-sekolah milik yayasan kecil, guru hanya mampu membayar sekitar Rp 2 juta.

Kondisi tersebut tidak lebih dialami oleh para dosen di perguruan tinggi. Menurut sevima.com, gaji dosen perguruan tinggi negeri (PTN) tahun 20021 ditentukan berdasarkan jabatan Asisten Ahli (Kelas III/b), Pengatur Dosen (Kelas III/c) dan Susunan Dosen Tingkat 1 (Kelas III/ D).

LIHAT JUGA :

serverharga.com
wikidpr.id
riaumandiri.id
dekranasdadkijakarta.id
finland.or.id
cides.or.id