Jangan bingung memilih perguruan tinggi, berikut 3 tipsnya

Transisi dari mahasiswa ke mahasiswa bukanlah momen yang mudah. Tidak jarang siswa dipaksa untuk menyelesaikan magang di bidang yang tidak terlalu mereka minati.

Kuncinya, jangan bingung saat memilih perguruan tinggi.

Yahya Farid, project manager Gebyar Jakarta Higher Education Exhibition (Gempita) Virtual

, mengatakan setidaknya ada tiga tips memilih universitas yang bisa diterapkan bagi calon mahasiswa yang masih bingung.

Pertama, pastikan Anda memilih berdasarkan minat dan bakat pribadi Anda. Konseling dengan orang tua atau guru bisa menjadi salah satu cara untuk menentukan pilihan.

“Kenali dirimu sendiri. Jurusan dan perguruan tinggimu akan menentukan masa depanmu.”

Jadi sebaiknya teman berkonsultasi dengan guru BK dan orang tua kemudian menanyakan kampus yang diinginkan, ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Baca Juga: 4 Tips Mengurangi SPP Untuk Anak

Dapatkan informasi, inspirasi, dan wawasan di email Anda.
email pendaftaran

Kedua, lakukan riset aktif tentang program dan universitas yang Anda tuju

, dan cari informasi sebanyak mungkin.

Salah satunya adalah untuk mengetahui tentang peringkat dan kelayakan kredit.

Juga sangat penting untuk mencari informasi tentang pola pembelajaran di kampus yang dituju. Salah satunya melalui pameran pendidikan.

“Kunjungi pameran pendidikan atau tanyakan langsung di kampus.”

“Tanyakan tentang biaya dan kualitas pembelajaran. Jangan sampai nanti teman-teman menyesal karena memilih jurusan atau kampus yang tidak sesuai harapan,” ujar Yahya.

Ketiga, cari tahu tentang program beasiswa. Selain menurunkan biaya kuliah, beasiswa juga dapat memotivasi calon mahasiswa dan menciptakan prospek karir yang lebih baik di masa depan.

Di Gempita Virtual, calon mahasiswa dapat misalnya mengunjungi booth virtual Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) dengan berbagai program pembelajaran Merdeka di Kampus Merdeka, Direktorat Jenderal Pendidikan dan Pelatihan Vokasi (DIKSI) dengan program pengembangan profesi untuk Indonesia dan Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) berbagai informasi beasiswa.

“Untuk mendapatkan beasiswa, ada persyaratan tertentu yang harus dipenuhi. Teman-teman bisa bertanya langsung ke stand kampus, DIKTI, DIKSI dan Puslapdik menggunakan fungsi live chat,” ungkapnya.

Baca Juga: Jurusan Favorit Orang Terkaya di Dunia
Kegembiraan virtual

Gempita Virtual menawarkan berbagai informasi penyelenggaraan perguruan tinggi dalam penerimaan mahasiswa baru.

Pameran pendidikan virtual yang akan berlangsung dari 27 Mei hingga 2 Juni 2021 ini akan diikuti oleh lebih dari 100 perguruan tinggi di LLDikti Wilayah III yang terakreditasi dengan berbagai program studi mulai dari perguruan tinggi akademik maupun profesional.

Pameran edukasi virtual ini juga bisa menjadi solusi untuk mencari informasi edukasi praktis dan efektif yang bisa diikuti secara gratis. Terlibat di 62 universitas, 22 institut, 107 perguruan tinggi, 91 akademi, 13 politeknik dan 1 akademi komunitas.

Gempita Virtual akan menghadirkan talkshow dengan pembicara dari 19 universitas peserta, antara lain Universitas Tarumanagara, Universitas Mercu Buana, Universitas Gunadarma, Universitas Bina Nusantara, LSPR, Universitas Trisakti.

LIHAT JUGA :

pcpm35rekrutmenbi.id
indi4.id
connectindonesia.id