Itinerary Untuk Berlibur di Kota Jakarta

Oleh admin Travel Guide Jakarta Komentar
Itinerary Untuk Berlibur di Kota Jakarta

Jakarta menjadi sentra ekonomi di Indonesia. Selain modern dan dilengkapi dengan beragam fasilitas, Jakarta memiliki beragam objek wisata yang wajib dikunjungi. Jika Anda berencana menghabiskan waktu liburan di Jakarta, jangan lupa untuk membuat itinerary perjalanan Anda terlebih dahulu. Berikut ini beberapa objek wisata Jakarta yang dapat Anda masukan ke dalam itinerary :

Sewa Mobil Jakarta

 

  1. Monas (Monumen Nasional)

Monumen Nasional JakartaMonas atau Monumen Nasional dibangun untuk mengenang perjuangan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan. Monumen ini memiliki tinggi mencapai 132 meter, dimana pada bagian puncaknya terdapat lidah api yang terbuat dari emas. Pada lantai dasar Monas, terdapat Museum Sejarah Nasional Indonesia yang menampilkan diorama perjuangan para pahlawan. Selain museum, terdapat pula lift yang akan mengantarkan Anda ke puncak Monas. Dari atas sana Anda dapat melihat pemandangan kota Jakarta yang sangat cantik.

Jika Anda tertarik, Monumen Nasional ini dibuka setiap hari mulai pukul 8am – 3pm. Tiket masuknya terbilang murah, hanya Rp. 5000 per orang. Sedangkan untuk menaiki lift, Anda cukup membayar Rp. 10.000 saja. Cukup terjangkau, kan?

 

  1. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal Jakarta

Dalam bahasa Arab, nama “Istiqlal” memiliki arti merdeka. Pada dasarnya, Masjid Istiqlal memang dibangun sebagai simbol rasa syukur atas kemerdekaan bangsa Indonesia. Desain dari masjid Istiqlal sendiri merupakan perpaduan antara arsitektur Indonesia, Eropa, dan Timur Tengah sehingga terlihat sangat klasik, tetapi tetap modern. Dinding dan lantai masjid ini dilapisi oleh marmer, elemen geometrik dari baja anti karat juga turut menambah keindahan masjid Istiqlal. Saat digunakan untuk shalat berjamaah, masjid Istiqlal dapat menampung lebih dari 200 ribu jamaah.

Menariknya, Masjid Istiqlal bersebelahan dengan gereja Katedral yang memiliki desain klasik Eropa. Hal ini dimaksudkan sebagai simbol toleransi agama. Sekarang ini, masjid Istiqlal dipenuhi oleh pelancong yang ingin melakukan wisata religi. Bahkan, bukan hanya umat muslim saja, tetapi umat lain pun diperbolehkan mengabadikan foto di sekitar pelataran masjid Istiqlal.

 

  1. Gereja Katedral

Gereja Katedral Jakarta

Tidak jauh jauh dari masjid Istiqlal terdapat sebuah gereja Katedral. Katedral Jakarta merupakan gereja Katolik pertama di wilayah Batavia. Sama seperti arsitektur gereja-gereja tua di Eropa, Katedral Jakarta  menganut arsitektur neo gotik. Jika dilihat dari atas, denah gereja Katedral menyerupai bentuk salib dengan ukuran panjang 60 meter dan lebar 20 meter. Pada hari-hari besar umat Katolik, gereja ini sangat dipenuhi para jamaah yang ingin beribadah.

Selain sebagai tempat beribadah, gereja ini juga memiliki musem. Museum gereja Katedral terdapat di ruang balkon. Ada beberapa benda yang ditampilkan di sana seperti buku misa berbahasa Latin, replika pastoran, tongkat gembala, mitra, piala, kasula, replika perahu pastor, relikui Santo & Santa, orgel pipa, dan benda bersejarah lainnya. Jumlah koleksi museum yang ditampilkan mencapai 400 barang sehingga terbilang lengkap untuk menceritakan tradisi katolik.

  1. Museum Nasional Indonesia

Museum Nasional Jakarta

Museum Nasional Indonesia atau museum Gajah merupakan museum pertama dan terbesar di wilayah Asia Tenggara. Letaknya tidak jauh dari Monumen Nasional (Monas), yaitu di jalan Medan Merdeka Barat. Ada ratusan ribu benda bersejarah yang ditampilkan di dalam museum. Semua koleksi tersebut dikategorikan dalam tujuh kategori, yaitu prasejarah, sejarah, arkeologi, numistik-heraldik, keramik, etnografi, dan geografi.

Namun, koleksi yang paling menarik yaitu patung Bhairawa dengan ketinggian 414 cm, yang sekaligus menjadi patung tertinggi di Museum Nasional. Jika tertarik, Anda dapat berjalan kaki dari Monas menuju museum ini karena letaknya yang berdekatan. Museum ini buka pada hari Selasa – Minggu mulai pukul 8am – 4pm, sedangkan saat weekend tutup pukul 5pm. Harga tiket masuknya sangat terjangkau, yaitu Rp 5000 (dewasa) dan Rp 2000 (anak-anak).

 

  1. Kota Tua

Kota Tua merupakan sebuah kawasan yang sangat khas dengan suasana Jakarta tempo dulu. Beberapa bangunan di sana masih menggunakan gaya arsitektur Hindia Belanda sehingga siapapun yang mengunjungi kawasan ini seolah-olah seperti kembali pada masa lampau. Selain menghadirkan bangunan tempo dulu, terdapat beberapa landmark yang wajib Anda kunjungi di Kota Tua, misalnya museum Fatahilla, museum Wayang, museum Seni Rupa dan Keramik, pelabuhan Sunda Kelapa, serta Toko Merah. Semua tempat tersebut sangat kaya dengan sejarah yang mungkin dapat menambah wawasan Anda.

Bahkan, bagi Anda yang senang dunia fotografi terdapat banyak sekali spot foto menarik yang bisa anda pilih dengan latar belakang Jakarta tempo dulu. Saat mengunjungi Kota Tua, Anda dapat singgah di beberapa restoran berdesain klasik sepeti cafe Batavia atau cafe Gazebo. Makanan kaki lima khas Jakarta juga wajib Anda coba seperti gado-gado, soto betawi, dan kerak telor. Untuk memasuki kawasan Kota Tua, Anda tidak akan dipungut biaya apapun, kecuali tiket masuk ke beberapa museum.

 

  1. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah Jakarta

Jika Anda ingin mempelajari sejarah Batavia, museum Fatahillah adalah tempat yang tepat. Masih berada dalam kawasan Kota Tua, museum ini menganut arsitektur bergaya neoklasik. Sekilas tampilannya mirip dengan instana Dam di Amsterdam. Pada masanya, gedung Fatahillah digunakan sebagai balai kota Batavia, tetapi sekarang ini sudah beralih fungsi menjadi museum.

Ada banyak koleksi benda bersejarah yang dapat Anda lihat, kurang lebih sekitar 23.500 koleksi. Beberapa diantaranya yaitu replika peninggalan Tarumanagara dan Pajajaran, sejarah perjalanan Batavia, hasil penggalian arkeologi, mebel antik, serta koleksi mengenai kebudayaan Betawi. Untuk memasuki museum Fatahillah, Anda cukup membayar Rp. 5000 (dewasa), Rp. 3000 (mahasiswa), dan Rp. 2000 (pelajar). Saat memasuki wilayah museum, Anda diharuskan melepas sepatu dan menggunakan sandal khusus yang telah disediakan. Hal ini mengingat lantai museum Fatahillah terbuat dari kayu abad ke-17 sehingga akan mudah terkikis oleh sol sepatu.

 

  1. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Jakarta

Sebagai tempat wisata keluarga, Taman Mini sangat cocok dijadikan destinasi wisata liburan bersama keluarga. Tempat ini dipadati oleh anak-anak dan para pelajar terutama pada saat libur sekolah atau hari libur lainnya.  Dengan mengunjungi TMII, Anda dapat melihat budaya Indonesia secara keseluruhan. Pasalnya, disana terdapat anjungan dari masing-masing daerah di Indonesia yang memamerkan kebudayaan daerahnya. Ada banyak sekali museum di Taman Mini yang tentu saja dapat menambah wawasan Anda mengenai Indonesia.

Dari atas gondola, Anda dapat melihat replika pulau Indonesia yang berukuran sangat besar, mirip seperti kepulauan Indonesia yang sesunguhnya. Selain itu terdapat juga beberapa wahana hiburan seperti Istana Anak-Anak Indonesia, Keong Mas, Taman Among Putro, Taman Ria Atmaja, kolam renang Snow Bay, desa wisata, dan masih banyak lagi. Untuk mengunjungi kawasan TMII, Anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000. Namun, untuk memasuki museum dan wahana lainnya, Anda diharuskan membeli tiket tambahan dengan harga yang bervariasi.

 

  1. Ancol Dreamland

Ancol Dreamland Jakarta

Jika dulu disebut sebagai Taman Impian Jaya Ancol, sekarang tempat wisata keluarga yang satu ini lebih familiar disebut Ancol Dreamland. Setiap harinya, Ancol Dreamland tidak pernah sepi pengunjung, baik domestik maupun mancanegara. Ancol Dreamland terletak di kawasan pesisir Jakarta Utara, posisinya sangat strategis dan mudah dijangkau menggunakan kendaraan pribadi maupun umum.

Sama seperti Taman Mini Indonesia Indah, Ancol Dreamland juga cocok untuk dinikmati oleh segala usia. Terdapat beragam wahana di dalam kawasan Ancol Dreamland seperti Dunia Fantasi, Ocean Dream Samudra, Atlantis Water Adventure, Ocean Eco Park, Pasar Seni, Taman Pantai, Ancol Beach City, SeaWorld, Gondola, Faunaland, dan Alive Museum. Untuk masuk ke pintu gerbang Ancol Dreamland, Anda cukup membayar Rp. 25.000 saja. Namun, tiket masuk wahana terbilang mahal seperti misalnya tiket regular akhir pekan (weekend) untuk Dunia Fantasi Rp. 295.000, Ocean Dream Samudra Rp. 130.000, Atlantis Rp. 130.000, dan Seaworld Rp. 100.000.

 

  1. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan Indonesia

Ragunan merupakan kebun binatang pertama di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1864. Di dalam kebun binatang Ragunan terdapat berbagai macam jenis hewan yang terdiri dari 295 spesies dan 4040 spesimen. Selain itu, area Kebun Binatang Ragunan juga ditumbuhi lebih dari 50.000 pohon sehingga membuat tempat ini begitu rindang dan alami. Ragunan sangat cocok dijadikan sebagai sarana edukasi anak untuk mengenal lebih dalam tentang kehidupan fauna. Mereka dapat melihat beragam jenis hewan secara langsung, tetapi tentu saja dilengkapi dengan pagar pengaman.

Tiket masuk kebun binatang Ragunan hanya sebesar Rp. 4000 per orang dewasa dan Rp. 3000 per anak. Terdapat pula beberapa wahana yang dapat dipilih seperti naik unta, kereta kuda, sepeda ganda, taman bermain, mini zoo, pentas satwa, dan lainnya.

 

Sewa Mobil Jakarta

 

Komentar