Itinerary Terbaik Liburan di Yogyakarta

By admin Travel Guide Jogja Komentar

Jogja atau Yogyakarta memang bukan nama asing bagi wisatawan untuk tempat berlibur. Dengan segala keistimewaannya, Jogja memang akan selalu membuat pengunjungnya terkesima dan merasakan hal-hal yang seru dan menyenangkan. Dari sini tak ayal bila kemudian banyak orang yang pernah ke Jogja ingin kembali ke sini untuk berlibur lagi. Nah bagi yang sedang merencanakan berlibur ke Jogja, maka sudah seharusnya Anda memiliki daftar referensi  wisata terbaik di tempat ini. Berikut beberapa itinerary terbaik liburan di Yogyakarta sebagai referensi Anda berlibur.

  1. Malioboro

Itinerary terbaik liburan di Yogyakarta pertama yang bisa Anda tuju adalah Malioboro. Kawasan wisata yang berada di Jalan Malioboro ini sebenarnya adalah jajaran pedagang kios kaki lima yang menjual beberapa souvenir. Namun meskipun hanya pedagang kaki lima tapi pesona Maliboro selalu mengundang daya tarik. Hal ini dikerenakan Malioboro menghadirkan suasana yang berkesan di tengah kota Jogja. Memang bukan hanya pedagang kaki lima saja yang ada di sepanjang Jalan Malioboro. Sebab di sini Anda juga ada pertokoan, Pasar Beringhardjo, andong, becak dan para wisatawan yang berlalu-lalang. Pastinya keramaian Malioboro di tengah Kota Jogja ini selalu membuat kesan yang mendalam. Bahkan karena banyaknya wisatawan yang jatuh cinta pada Malioboro menjadikan destinasi ini ditetapkan sebagai ikon wisata Yogyakarta.

  1. Keraton Jogja

Di sebelah Selatan Malioboro, Anda juga bisa mendapati tempat wisata menarik lainnya yakni Keraton Jogja. Keraton Jogja sendiri adalah istana dan tempat tinggal sultan yang masih menjalankan fungsi dan tradisi kesultanan sampai sekarang. Di tempat wisata yang berjarak 2 km dari Malioboro ini Anda bisa mendapati budaya Jawa yang sangat kental. Di Keraton Jogja memang banyak hal bernuansa Jawa yang bisa didapatkan. Dari arsitektur bangunan, para abdi keraton dengan pakaian dan sikapnya, hingga beberapa pagelaran budaya Jawa bisa kita jumpai. Dengan luas mencapai 14.000 meter persegi, kita bisa berjalan-jalan menyusuri beberapa ruang atau kompleks keraton yang memiliki kegunaan masing-masing.

  1. Candi Prambanan

Berada di Kabupaten Sleman, Anda bisa menjumpai sebuah candi Hindu terbesar se-Indonesia bernama Candi Prambanan. Candi tempat ibadah bagi umat Hindu ini memang nampak luar biasa. Bahkan begitu megah dan indahnya bangunan abad ke-9 masehi ini, Candi Prambaban ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia. Selain menyandang status candi Hindu terbesar, candi yang juga disebut Candi Rara Jonggrang ini juga dijuluki sebagai salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Di kompleks Candi Prambanan ini Anda bisa berjalan-jalan menyusuri dan mendatangi beberapa candi. Candi Prambanan memang terdiri dari beberapa candi yang memiliki nama tersendiri. Nah salah satu pesona Candi Prambanan yang bisa Anda dapati di sini adalah adanya patung Arca Durga Mahisasuramardini di ruang utara candi Siwa yang dianggap sebagai sosok putri legendaris Rara Jonggrang.

  1. Istana Ratu Boko

Ada yang bilang Ratu Boko adalah sebuah candi, tapi ada yang bilang sebuah istana. Memang saat berada di sini Anda tidak akan menjumpai sebuah istana. Tapi menilik jejak-jejak peninggalan di Ratu Boko maka memang banyak yang meyakini tempat ini adalah bekas sebuah istana. Lebih tepatnya Ratu Boko adalah istana yang hilang. Meski istananya hilang, tapi beberapa hal yang tersisa di sini akan membuat siapapun terkesima. Destinasi yang ada di Kelurahan Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman ini memang mempesona. Di sini Anda bisa mendapati beberapa sisa istana seperti gerbang istana, kompleks keputren, pendopo, balai, candi pembakaran, goa, kolam, batu bertumpak dan stupa Budhha. Selain itu, di sini saat sore hari Anda juga bisa menjumpai panorama sunset atau matahari terbenam yang sangat cantik dan indah.

  1. Candi Borobudur

Bila Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar se-Indonesia, maka Candi Borobudur adalah candi atau kuil serta monumen Buddha terbesar di dunia. Candi yang dibangun sekitar tahun 800-an Masehi oleh penguasa Kerajaan Mataram Kuno wangsa Syailendra ini memang sangat mengagumkan. Bagaimana tidak, di sini Anda akan menjumpai sebuah arsitektur maha dahsyat dari peninggalan masa lalu. Bangunan Candi Borobudur yang nampak megah ini juga telah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO. Berwisata di area Candi Borobudur ini Anda bisa berfoto-foto dengan latar belakang Candi Borobudur yang mempesona. Bersama dengan pemandu atau guide, Anda juga bisa mendengarkan cerita sekaligus belajar sejarah dari Candi Borobudur. Jika Anda datang pada pagi hari, Anda di sini juga bisa menikmati panorama sunrise yang indah dan paling diburu orang.

  1. Pantai Parangtritis

Terakhir, Itinerary terbaik liburan di Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis. Pantai yang berada di Selatan Yogyakarta ini memang sangat legendaris. Selain legendaris, pantai yang berada di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul ini juga disebut paling populer di Yogyakarta. Dengan deburan ombak khas pantai Selatan Jawa, di sini Anda akan mendapatkan pengalaman seru untuk menyusuri seluruh area pantai yang memang terbilang luas. Walau Anda tak bisa leluasa berenang karena ombaknya yang besar, namun bersantai dan bermain pasir pantai akan menjadi kegiatan menarik untuk dilakukan. Apalagi saat sore hari tiba, maka panorama sunset yang cantik juga bisa Anda nikmati di Pantai Parangtritis ini.

Demikianlah informasi mengenai beberapa tempat wisata terbaik di Yogyakarta. Karena lokasi wisata ini saling terpisah, maka Anda membutuhkan sebuah kendaraan  yang bisa mengantarkan Anda. Nah agar lebih leluasa, memilih Karental.ID akan menjadi sesuatu yang tepat untuk Anda berlibur di Yogyakarta.

Related Posts

Comment