Itinerary Terbaik Liburan di Surabaya

By admin Travel Guide Surabaya Komentar

Surabaya sebagai Ibu Kota Provinsi Jawa Timur memang menarik ditelusuri untuk mengisi kegiatan liburan. Dengan statusnya sebagai kota metropolitan dan kota terbesar kedua di Indonesia, Surabaya akan memberikan warna tersendiri untuk para pengunjungnya. Nah bagi Anda yang ingin berwisata di Kota Pahlawan Anda perlu menyimak daftar beberapa tempat liburan terbaik yang patut Anda kunjungi berikut ini.

  1. Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan yang berada di Jl. Pahlawan, Alun-alun Contong, Bubutan, Surabaya ini memang telah menjadi ikon Kota Surabaya. Jadi berlibur ke Surabaya tanpa datang ke Tugu Pahlawan akan terasa kurang lengkap. Monumen setinggi 41,15 meter ini adalah sebuah tugu yang bersejarah. Sebab tugu ini diinisiasi oleh Presiden Soekarno ini dibangun untuk memperingati Hari Pahlawan yang jatuh setiap tanggal 10 November. Tidak hanya sekedar melihat-lihat arsitektur bangunan Tugu Pahlawan, namun di sini Anda juga bisa mengunjungi Museum Tugu Pahlawan yang berada di bawah monuman. Di musuem ini Anda bisa melihat beberapa koleksi foto-foto dokumentasi pembangunan Tugu Pahlawan dan perjuangan arek-arek Suroboyo melawan penjajah.

  1. Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya (KBS) adalah wisata yang tergolong legendaris di kota pahlawan. Bagaimana tidak, Kebun Binatang yang dianggap terlengkap se-Asia Tenggara ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Dengan nama lama Soerabaiasche Planten-en Dierentuin, KBS saat itu didirikan atas dasar SK Gubernur Jenderal Belanda tanggal 31 Agustus 1916 No. 40. Sebelum bertempat di Jl. Setail No.1, Darmo, Wonokromo, Surabaya, KBS sempat berpindah-pindah lokasi seperti di Kaliondo, tahun 1916 dan di jalan Groedo di tahun 1917. Dengan beragam koleksi binatang yang dimiliki KBS saat ini tentu akan membuat Anda dan keluarga bisa berwisata seru untuk mempelajari aneka satwa dan juga berfoto-foto dengan satwa yang ada. Setidaknya ada lebih dari 351 spesies satwa dan lebih dari 2.806 binatang yang bisa Anda jumpai di KBS.

  1. Pantai Kenjeran

Berlokasi di Kecamatan Kenjeran Timur, Anda juga bisa menikmati wisata pantai saat berlibur ke Surabaya. Di Pantai Kenjeran ini Anda bisa menikmati panorama pantai, lautan serta yang paling menarik dan mempesona yaitu pemandangan matahari terbenam (sunset) yang sangat cantik di sore hari. Pantai Kenjeran yang sudah populer di Surabaya ini akan membuat liburan Anda makin seru karena di sini fasilitas pendukung wisatanya yang sudah lengkap. Di Pantai Kenjeran ini ada gazebo, kolam renang, playground, toko souvenir, sewa perahu dan juga warung-warung makan. Beberapa area pacuan kuda, gokart, tenis balap motor dan juga memancing juga ada di sini untuk bisa Anda nikmati. Untuk sewa perahu dan keliling Pantai Kenjeran Anda hanya perlu membayar tarif sebesar Rp 5.000/orang saja.

  1. Jembatan Suramadu

Salah satu arsitektur membanggakan bangsa Indonesia bisa Anda nikmati di Surabaya bernama Jembatan Suramadu. Jembatan yang menguhungkan Pulau Jawa dan Pulau Madura ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia dengan panjang 5.438 m. Nama Suramadu sendiri merupakan akronim dari Surabaya – Madura. Jika Anda ke sini maka Anda akan disuguhi sebuah panorama arsitektur yang megah dan berdiri kokoh di atas lautan selat Madura. Selain itu Anda di sini juga bisa melihat pemandangan laut di Selat Madura yang mempesona. Sembari berkendara Anda bisa membuka jendela kendaraan Anda dan menikmati serta mendokumentasikan panorama yang ada di Suramadu. Wisata Jembatan Suramadu yang berada di Jalan Kedung Cowek ini nampak lebih mempesona lagi dengan warna-warni lampu bila Anda datang pada malam hari.

  1. Taman Bungkul

Bila Anda ingin merasakan suasana yang sejuk dan rindang di Kota Surabaya ini maka Anda bisa datang ke Taman Bungkul yang ada di Jl. Taman Bungkul, Darmo, Wonokromo, Surabaya. Taman kota yang diambil namanya dari seorang penyebar agama Islam yakni Sunan Bungkul ini memang sangat menarik. Sebab taman ini sangat indah hingga pernah memperoleh penghargaan The 2013 Asian Townscape Award dari Perserikatan Bangsa-Bangsa sebagai taman terbaik se-Asia. Di sini Anda bisa bersantai di tengah Kota Surabaya sambil menghilangkan jenuh dan penat. Pesona Taman Bungkul sendiri sejak tahun 2007 semakin memikat karena telah didukung oleh beragam fasilitas seperti jogging track, panggung hiburan, skateboard track dan BMX track, Wi-Fi gratis, playground, kolam air mancur, telepon umum dan juga pujasera.

  1. Suroboyo Carnival Park

Terakhir, tempat wisata seru dan terbaik di Surabaya adalah Suroboyo Carnival Park atau ada yang menyebut Suroboyo Carnival Night Market. Sesuai dengan namanya maka Suroboyo Carnival Park ini akan menghadirkan susana karnaval lengkap dengan pasar malamnya. Destinasi wisata yang mulai hadir pada tanggal 28 Juli 2014 ini memiliki banyak sajian yang menarik. Wahana permainan di Suroboyo Carnival Park terbilang sangat lengkap. Beberapa wahana yang bisa Anda coba di sini antara lain Komedi Putar Carousel, Bumper Car, Motor Edan, Keliling Angkasa, Cinema 4D, Topan Badai, Art and Wax House, Perang Laser, Bledek Coaster, Avatar, Orbiter, Omah Mumet, Sepor Sirkus, Ferrish Wheel, Beskop 3600, Gondal Gandul, Geleri Angkut, Go Kart, Rumah Kinclong, Pirates Ghostship, Arena Dolanan, Munyer Serr, Lampion KBS, Uber-uberan, Kocar-kacir, Tambang Mas Coaster, Sepor-seporan, Roda Gila, dan Kids Kingdom. Jika tertarik langsung saja datang ke alamatnya di Jl. Ahmad Yani No.333, Dukuh Menanggal, Gayungan, Surabaya.

Untuk bisa bebas dan leluasa ke beberapa tempat wisata di atas, Anda bisa memilih sewa mobil Surabaya sebagai solusinya. Sebab dengan menyewa mobil sendiri Anda tidak perlu lagi transit dari satu tempat ke tempat lain yang melelahkan seperti naik transportasi umum.

Related Posts

Comment