Alternatif Transportasi di Jakarta

By admin Travel Guide Jakarta Komentar
Transportasi di Jakarta

Kemacetan menjadi salah satu masalah yang pelik di berbagai kota besar di dunia. Begitu pula dengan Kota Jakarta yang menjadi ibu kota Indonesia. Namun, dalam rangka mengurangi kemacetan, Pemerintah kota Jakarta terus berbenah dengan menyediakan beragam alternatif transportasi di Jakarta. Selain untuk mengurangi kemacetan, ketersedian beragam alternatif transportasi umum dengan fasilitas memadai juga akan mempermudah wisatawan lokal dan mancanegara untuk mengunjungi berbagai tempat wisata di Jakarta. Berikut ini adalah beberapa alternatif kendaraan umum di kota Jakarta :

Klik disini untuk Sewa Mobil di Jakarta

 

  • TransJakarta / Busway

TransJakarta atau biasa disebut Busway merupakan Bus Rapid Transit (BRT) pertama di kawasan Asia Tenggara. Sistem bus TransJakarta didesain mirip dengan Trans Milenio yang sukses di Bogota, Kolombia. Transjakarta memiliki rute hingga mencapai 208 km dengan 228 halte yang tersebar di 12 koridor berbeda. Bus TransJakarta juga memiliki jalur khusus sehingga akan terbebas dari kemacetan. Hampir semua tempat di Jakarta dilalui oleh jalur Transjakarta. Bahkan beberapa halte memang ditempatkan berdekatan dengan objek wisata dan tempat-tempat umum lainnya.

Untuk menaiki bus Transjakarta, Anda cukup membayar Rp 3500 saja dengan rute kemanapun. Anda dapat transit dari satu jalur ke jalur lainnya tanpa harus membayar biaya tambahan. Namun, sistem pembayaran Transjakarta menggunakan uang elektronik (e-money) berupa kartu yang dapat diisi ulang. Jika Anda belum memiliki kartu tersebut, Anda dapat membelinya langsung di halte terdekat seharga Rp. 50.000. Kartu tersebut sudah termasuk saldo sebesar Rp 30.000. Untuk menggunakan TransJakarta, Anda cukup menempelkan kartu pada gate halte, kemudian menuju pintu koridor yang Anda pilih.

Transportasi di Jakarta

Transportasi di Jakarta

  • KRL Commuter Line Jabodetabek

KRL (Kereta Rel Listrik) sebenarnya tidak hanya menjadi moda transportasi Jakarta saja, tetapi juga menghubungkan beberapa kota lainnya di sekitar Jakarta. Khususnya wilayah Jabodetabek yang meliputi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. KRL Commuter Line banyak digunakan oleh para pekerja Jakarta yang tinggal di luar wilayah Jakarta. Mereka menggunakan KRL karena waktu tempuhnya yang relatif lebih cepat daripada harus berkendara menggunakan bis, mobil, atau motor.

Sama seperti TransJakarta, KRL menggunakan sistem e-money dan e-ticketing. Di setiap stasiun terdapat vending machine yang akan melayani penjualan tiket kereta (e-ticketing). Anda cukup menekan stasiun tujuan pada layar mesin dan kemudian memasukan uang ke dalam slot yang tersedia. Selain itu, Anda dapat membayar menggunakan kartu e-money.  Jadi, jika memiliki e-money maka dapat digunakan untuk membayar KRL dan TransJakarta sekaligus.

  • MRT (Mass Rapid Transit)

Mass Rapid Transit Jakarta atau MRT Jakarta adalah sebuah sistem transportasi transit cepat yang sedang dalam proses pembangunan di Jakarta. Proyek MRT sudah dilaksanakan sejak tahun 2013 dan direncanakan akan selesai pada tahun 2018. Rencanyanya, pada tahap pertama akan dibangun jalur MRT koridor utara dan selatan yang menghubungkan Kampung Bandan dan Lebak Bulus. Kemudian baru setelah itu akan dibangun koridor barat dan timur yang masih dalam tahap penelitian.

Setelah proses pembangunan MRT rampung maka diharapkan penumpukan penumpang pada moda transportasi lainnya akan sedikit berkurang. Selain itu beberapa stasiun MRT juga akan terhubung dengan stasiun KRL dan halte Transjakarta.

Transportasi Kereta Api Jakarta

  • Bus Kota dan Angkutan Kota

Bus kota dan angkutan kota (angkot) menjadi alternatif transportasi lainnya yang dapat Anda pilih saat berlibur di kota Jakarta. Ada beberapa jenis bus kota yang dapat digunakan seperti Kopaja, Metromini, Mayasari Bakti, Damri, dan masih banyak lagi. Masing-masing bus dan angkutan memiliki jalur yang berbeda-beda. Perbedaan jalur tersebut dibedakan berdasarkan nomor. Jadi ketahui dulu jalur bus dan angkutan yang benar sebelum menaikinya. Jangan sampai Anda salah naik bis atau angkot. Sebaiknya, tanya terlebih dahulu kepada pengemudi mengenai jalur yang akan dilalui.

Transportasi Bus Jakarta

  • Mobil Taksi

Dari bandara international Soekarno Hatta, Anda dapat menggunakan taksi menuju kota Jakarta. Banyak sekali taksi yang berkeliaran di sepanjang jalan kota Jakarta. Anda dapat menggunakan taksi untuk menuju ke segala tempat di Jakarta. Biasanya mobil taksi yang digunakan adalah mobil sedan yang mampu menampung sekitar 3 – 4 penumpang saja. Taksi memang memberikan kenyamanan kepada penumpangnya, tetapi tarif dari argo taksi terbilang cukup mahal. Apalagi jika Anda terjebak di tengah kemacetan kota Jakarta maka tarifnya akan lebih mahal lagi.

  • Transportasi Online

Perkembangan internat yang begitu pesat ternyata memberikan keuntungan tersendiri dalam dunia transportasi. Dengan adanya internet maka muncul sistem transportasi online. Beberapa transportasi online tersebut adalah Go-Jek, Grab, dan Uber. Mereka menawarkan ojek online, taksi online, dan mobil sewa online. Anda cukup memesan transportasi online melalui aplikasi smartphone, kemudian driver akan menjemput Anda di depan rumah.

Keberadaan transportasi online ini tentu saja sangat membantu wisatawan yang sama sekali tidak mengetahui jalanan kota Jakarta. Driver akan mengantar Anda ke tempat tujuan sesuai dengan lokasi yang Anda tentukan. Anda juga dapat memeriksa peta apakah mereka membawa Anda ke tempat tujuan yang benar atau tidak. Selain itu, tarif yang diberlakukan terbilang sangat murah, tetapi Anda tidak perlu berdesak-desakan di kendaraan umum.

Transportasi Ojek

  • Rental Mobil

Alternatif kendaraan umum yang terakhir yaitu rental mobil yang disediakan oleh Karental.ID . Ada banyak tempat penyewaan atau rental mobil yang tersedia di Jakarta. Bahkan beberapa diantara tempat rental mobil tersebut dapat dipesan secara online melalui website. Anda dapat menyewa mobil dengan durasi 6 jam atau 12 jam. Jika Anda tidak bisa menyetir dan tidak tahu jalan, maka Anda dapat membayar sopir. Biasanya pemilik rental mobil juga menyediakan sopir yang dapat membawa Anda berkeliling mengunjungi berbagai objek wisata di kota Jakarta. Mobil yang disewakan juga sangat beragam seperti MPV, SUV, dan mini bus.

Klik disini untuk Sewa Mobil di Jakarta

 

Related Posts

Top Wisata Jakarta Utara

2017-08-17 2 Comments

Jakarta Utara bukanlah wilayah yang baru bagi Jakarta. Hal ini dikarenakan pertumbuhan dan perkembangan Kota […]

Top Wisata Jakarta Pusat

2017-08-16 2 Comments

Jakarta sebagai ibu kota negara tentu merupakan sebuah tempat yang memiliki banyak kisah. Salah satu […]

Pilihan Akomodasi Saat Mengunjungi Kota Jakarta

2017-05-03 2 Comments

Sebagai ibu kota negara Indonesia, Jakarta dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai. Tidak hanya tempat […]

Persiapan Sebelum Mengunjungi Kota Jakarta

2017-05-03 2 Comments

Jakarta merupakan ibukota negara Indonesia. Sama seperti ibukota negara lainnya, Jakarta menawarkan modernisasi dengan lansekap […]

Comment