Alternatif Transportasi di Kota Bandung

By admin Travel Guide Bandung Komentar
Transportation in Bandung

Ingin berkeliling kota Bandung dengan menggunakan transportasi umum? Sekarang Bandung sudah dilengkapi dengan beragam pilihan transportasi umun yang dapat digunakan oleh semua orang. Bukan hanya taksi saja, tetapi pilihan alternatif lainnya dengan tarif yang lebih murah juga tersedia. Bahkan, ada pula transportasi berbasis online yang dapat Anda pesan melalui internet. Jadi, jangan takut mengunjungi Bandung tanpa membawa mobil pribadi. Berikut ini adalah alternatif transportasi umun di kota Bandung:

Klik disini untuk Sewa Mobil di Bandung

 

  • Becak

Becak merupakan kendaraan umum beroda tiga yang menggunakan tenaga manusia sebagai penggeraknya. Sama seperti sepeda, pengendara becak harus mengayuh pedal, sedangkan penumpangnya tinggal duduk manis di bagian depan. Karena menggunakan tenaga manusia maka umumnya becak hanya dapat mengangkut dua orang penumpang saja. Jika ingin naik becak, Anda cukup memberitahukan tempat tujuan dan mendiskusikan tarifnya dengan abang becak tersebut.

  • Delman

Ingin tahu bagaimana rasanya naik kereta kuda? Naik saja delman! Di kota Bandung, delman masih menjadi moda transportasi yang diminati oleh warganya. Pada umumnya, delman merupakan transportasi tradisional berupa kereta kuda. Sekali jalan, biasanya delman dapat mengangkut 5 hingga 7 penumpang sekaligus. Meskipun menggunakan tenaga kuda, pemilik delman tetap menjaga kebersihan kota dengan tidak membiarkan kudanya membuang kotoran sembarangan. Mereka memiliki penampung kotoran sendiri sehingga kotoran kuda tidak berserakan di jalan raya.

  • Angkutan Kota

Angkutan Kota atau biasa disebut “angkot” merupakan transportasi umum yang paling mudah dijumpai di Bandung. Masing-masing angkot memiliki rute yang berbeda-beda sesuai dengan kode jurusan yang tertera. Misalnya angkot 11A dengan rute Stasiun Hall—Ciumbeuleuit via Eyckman. Ketika hendak naik angkot, Anda harus mengetahui terlebih dahulu nomor atau kode angkotnya. Jika tidak tahu, jangan malu untuk bertanya kepada orang lain. Biasanya tarif yang dikenakan yaitu Rp 4000 tanpa pertimbangan jarak dekat atau jauh.

  • Bus Kota

Bus kota memiliki rute perjalanan yang relatif lebih jauh jika dibandingkan dengan angkot. Bus kota juga dapat dimanfaatkan untuk menjangkau berbagai tempat asalkan Anda mengetahui rutenya. Ada banyak sekali bus kota di Bandung, misalnya bus Damri dengan beragam rute yaitu Cicaheum—Cibeureum, Ledeng—Leuwi Panjang, Dipati Ukur—Leuwi Panjang, dan lain-lain.

  • Trans Metro Bandung (TMB)

Jika Jakarta memiliki Transjakarta maka Bandung memiliki Trans Metro. Akan tetapi, Trans Metro Bandung belum sebagus dan sebaik Transjakarta. Rencananya ada 16 halte dan 11 koridor yang akan dimiliki oleh kota Bandung, tetapi hanya 3 koridor saja yang baru beroperasi yaitu koridor 1 (Elang – Cibiru), koridor 2 (Cicaheum – Cibeureum), dan koridor 3 (Cicaheum – Sarijadi). Dengan adanya Trans Metro Bandung, pemerintah kota Bandung berharap kemacetan dapat sedikit berkurang.

  • Bandros

Bandros atau Bandung Tour on The Bus adalah sebuah transportasi terbatas yang dapat digunakan oleh para wisatawan untuk mengelilingi kota Bandung. Bandros merupakan bis tingkat dua lantai dengan desain yang sangat vintage. Bandros beroperasi setiap hari Sabtu s.d Kamis, mulai pukul 10 AM – 3PM. Untuk menaiki Bandros, Anda harus membeli tiket seharga Rp. 10.000. Tiket dapat dibeli di Halte Bus Bandros yang terletak di depan Taman Kandaga Puspa atau belakang Gedung Sate.

Bandung Tour On Bus (Bandros) melintas di kawasan jalan Diponegoro Bandung, Jawa Barat, Selasa (4/11). Bandros merupakan angkutan umum yang disediakan pemerintah kota Bandung untuk melayani wisatawan berkeliling Kota Bandung. Diharapkan adanya Bandros bisa mengurangi kemacetan akhir pekan, karena wisatawan tidak perlu memakai kendaraan pribadi. ANTARA FOTO/Agus Bebeng/Rei/nz/14.

  • Taksi

Jika Anda tidak mau bersusah payah mencari rute transportasi umum maka taksi adalah pilihan yang tepat. Anda tidak akan berpanas-panasan dan berdesakan dengan penumpang lainnya. Anda bisa naik taksi dari mana saja, kemana saja, bisa dipesan melalui telepon, dan bisa juga melalui aplikasi internet. Anda cukup menginformasikan lokasi tujuan kepada supir taksi, lalu beliau akan mengantarkan Anda ke tempat tujuan. Namun, tarifnya tentu saja jauh lebih mahal dibandingkan transportasi lainnya.

  • Transportasi online

Perkembangan teknologi internet ternyata berdampak positif bagi sistem transportasi di Indonesia, begitupula dengan kota Bandung. Kemunculan transportasi berbasis online seperti ojek online, mobil online, dan taxi online semakin memudahkan para wisatawan yang hendak berlibur di kota Bandung. Melalui aplikasi smartphone, Anda dapat memesan transportasi online. Kemudian transportasi online tersebut akan mengantarkan Anda secara door-to-door. Selain mudah dan aman, tarifnya juga sangat terjangkau.

  • Mobil travel

Alternatif transportasi lainnya yaitu menggunakan mobil travel. Ada banyak sekali jasa travel di kota Bandung yang menawarkan beragam paket wisata dengan tujuan destinasi yang berbeda-beda. Segala sesuatu sudah dipesan dan disediakan oleh pihak travel, Anda cukup duduk di dalam mobil sambil menikmati pemandangan. Jadwal perjalanan dan akomodasi juga sudah ditentukan semuanya. Bahkan, supir mobil juga merangkap sebagai tour guide yang akan menjelaskan kepada Anda mengenai seluk-beluk kota Bandung.

via : Dirgantara Car Rental

  • Rental Mobil

Pilihan yang terakhir adalah mobil rental. Jika Anda bisa mengendarai mobil dan memiliki SIM atau International Driving Permit, maka lebih baik menyewa mobil rental. Anda akan bebas untuk pergi kemanapun yang Anda mau. Jika tidak tahu arah, jangan khawatir karena aplikasi peta di smartphone dapat menuntun Anda secara akurat.  Atau bisa juga menyewa mobil rental sekaligus supirnya, jadi Anda dapat meminta supir untuk mengantarkan Anda kemanapun. Jika Anda membutuhkan mobil rental, maka sewa mobil Bandung bisa menjadi pilihan Anda!

Klik disini untuk Sewa Mobil di Bandung

 

 

Related Posts

Wisata Kuliner Bandung

2017-08-15 2 Comments

Kota Kembang Bandung memang bukan hanya memiliki alam lingkungan yang spektakuler. Sebab daerah yang berada […]

Top 7 Wisata Bandung Selatan

2017-08-14 2 Comments

Berada di Kota Kembang Bandung memang membuat siapa pun jadi betah. Bagaimana tidak, dengan segala […]

Top 7 Wisata Bandung Barat

2017-08-14 2 Comments

Bandung bagian Barat merupakan sebuah wilayah tempat Anda berwisata berkonsep alam. Di sini memang banyak […]

Daftar Top 7 Wisata Bandung Utara

2017-08-14 2 Comments

Bandung adalah kota yang penuh dengan pesona. Menilik letak wilayahnya maka kita akan mendapati beberapa […]

Comment