Alternatif Transport di Surabaya

By admin Travel Guide Surabaya Komentar

Transportasi merupakan suatu hal yang penting saat berlibur di suatu kota. Sebab untuk berkunjung dari satu destinasi ke destinasi lain maka dibutuhkan sarana transportasi yang bisa mengantarkan kita ke tempat yang dituju. Sarana transportasi di Surabaya sendiri terbilang banyak dan beragam. Anda bisa memilih moda transportasi tertentu sesuai kebutuhan dan anggaran yang dimiliki. Namun bila ingin liburan lebih berkesan dan menyenangkan maka faktor keleluasaan dan kenyamanan adalah hal yang perlu Anda perhatikan. Sebab pada masing-masing moda transportasi yang Anda pilih tentu menawarkan tingkat keleluasaan dan kenyamanan yang berbeda-beda. Berikut beberapa moda transportasi yang bisa dipilih dan Anda gunakan selama berlibur dan berada di Kota Surabaya, Jawa Timur.

 

  1. Bus Kota

Sarana atau moda transportasi pertama yang bisa Anda pilih dan gunakan saat berlibur di Surabaya adalah Bus Kota. Bus Kota di kota pahlawan ini memang bukanlah hal yang asing. Sebab, transportasi massal tersebut di Surabaya sudah ada sejak lama. Bus Kota di Surabaya sendiri melayani hampir ke seluruh wilayah di kota metropolitan ini. Karena memiliki rute tertentu maka Anda harus memilih bus kota yang sesuai tujuan. Bus Kota di Surabaya sendiri memiliki kode-kode tertentu yang memiliki arti jurusan atau rute operasionalnya. Beberapa pilihan bus kota di Surabaya antara lain bus kota kode A jurusan Purabaya – Ngagel – Semut (A2), kode D jurusan Purabaya – Bratang, kode E jurusan Purabaya – Joyoboyo (E2), kode F jurusan Purabaya – Kupang – Raden Saleh – JMP, kode P1 jurusan Purabaya – Darmo/TP/Siola – Indrapura – Perak, dan masih banyak lainnya. Tarif untuk naik bus kota di Surabaya ini terbilang murah yakni antara Rp 3.000 hingga Rp 6.000.

  1. Angkutan Kota (Angkot)

Alternatif kedua transportasi di Surabaya yang ramah kantong adalah angkutan kota (angkot). Angkutan Kota atau angkot di Surabaya sendiri jumlahnya banyak dan memiliki beberapa kode seperti pada bus kota. Jadi mau tak mau bila Anda ingin naik angkot juga harus menyesuaikan kode angkot dengan tempat yang akan Anda tuju. Beberapa angkot yang ada di Surabaya yaitu angkot kode C (Blauran) dengan rute Sedayu – Demak – Karang Menjangan (lewat Blauran). Ada juga angkot kode C (IndraPura) dengan rute Sedayu –  Demak – Karang Menjangan (lewat Indrapura). Sementara itu angkot kode D melayani rute RSI – Joyoboyo – Kupang – Pasar Turi – Sidorame. Selain keempat angkot tadi masih ada beberapa angkot dengan kode tertentu yang melayani jurusan rute wilayah Surabaya lainnya. Untuk tarif angkot di Surabaya adalah Rp 4.000/15 kilometer. Jika lebih dari 15 km maka per satu kilometernya ada tarif tambahan Rp 200 yang harus dibayar.

  1. Kereta Komuter

Transportasi massal yang satu ini juga bisa mengantarkan Anda ke beberapa wilayah di Surabaya. Karena moda transportasi ini adalah sebuah kereta yang berjalan di atas rel maka Anda tidak bisa turun sesukanya, namun Anda harus turun sesuai dengan stasiun yang dituju. Karena juga kereta komuter ini merupakan kereta lokal maka pemberhentian antar stasiun terbilang berdekatan. Jadi stasiun-stasiun kecil di Surabaya nantinya akan menjadi tempat transit kereta komuter Surabaya. Kereta komuter di Surabaya yang bisa Anda gunakan untuk sarana transportasi adalah kereta komuter Delta Ekspres yang melayani rute Surabaya  – Porong dengan tarif Rp 5.000. Rute dari kereta komuter Delta Ekspres sendiri adalah Surabaya Kota – Surabaya Gubeng – Wonokromo – Waru – Gedangan  – Sidoarjo – tanggulangin – Porong.

  1. Taksi

Jika Anda malas naik angkutan transportasi massal maka Anda bisa memilih transportasi yang lebih eksklusif yakni taksi. Karena Surabaya merupakan kota metropolitan maka keberadaan taksi bukanlah sesuatu yang asing. Di sini bahkan pengelola bisnis taksi saling bersaing karena banyaknya usaha taksi yang ada. Dengan menggunakan taksi tentu Anda memiliki kebebasan menentukan tujuan yang diinginkan. Namun harga yang harus dibayar dari pelayanan taksi sendiri tentunya akan lebih mahal dari beberapa transportasi massal di atas. Beberapa taksi yang bisa Anda pilih di Surabaya ini antara lain Blue Bird Taxi, Bosowa Taxi, Chrisna Taxi, Citra Taxi, Express Taxi, Garuda Taxi, dan lain sebagainya. Tarif taksi di Surabaya juga sama seperti di kota-kota besar lainnya yang menyesuaikan dengan argo. Jadi semakin panjang perjalanan Anda maka argo yang harus ditanggung juga akan semakin mahal.

  1. Mobil Rental

Pilihan moda transportasi terakhir untuk Anda yang ingin lebih leluasa ke sana – kemari di Kota Surabaya adalah mobil rental. Ya, dengan menggunakan mobil rental atau mobil sewa, Anda akan lebih leluasa dan bebas untuk menentukan ke mana Anda akan pergi. Dengan menyewa mobil maka Anda juga akan merasakan liburan yang lebih menyenangkan. Bila Anda memang masih belum terlalu hafal jalanan di Surabaya maka Anda bisa menggunakan aplikasi penunjuk jalan di smartphone. Jika Anda memang benar-benar tidak ingin membawa mobil rental sendiri Anda juga bisa menyewa mobil rental beserta sopir yang akan mengantarkan Anda ke mana-mana. Jika Anda membutuhkan sewa mobil Surabaya, maka Karental.ID bisa menjadi pilihan dan referensi yang tepat buat Anda.

Related Posts

Comment