Alternatif Transport di Jogja

By admin Travel Guide Jogja Komentar

Berlibur di Yogyakarta atau Jogja tentu banyak didambakan banyak orang. Sebab di kota yang istimewa ini banyak hal menarik dan berkesan yang bisa diperoleh. Karena Yogyakarta merupakan sebuah provinsi, maka destinasi wisata yang ada di sini pun tersebar di beberapa tempat yang bisa jadi berjauhan satu sama lain. Seperti lokasi Candi Borobudur yang berada di Kabupaten Magelang atau juga Pantai Parangtritis yang berada di kawasan Pantai Selatan. Nah karena bisa jadi jarak antar destinasi wisata Jogja ini saling berjauhan maka kendaraan adalah hal yang penting saat berlibur ke Kota Gudeg ini. Moda transportasi di Jogja sendiri ada banyak pilihan yang bisa Anda gunakan. Berikut beberapa alternatif transport di Yogyakarta tersebut.

  1. Bus Kota dan Trans Jogja

Sarana transportasi pertama yang bisa Anda pilih saat berlibur di Jogja adalah bus kota. Bus kota di Jogja ini bisa menjadi solusi untuk Anda yang berkantong pas-pasan. Sebab dengan naik bus kota di Jogja Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 4.000 – Rp 7.000/orang, tergantung tujuan. Dengan naik bus kota ini Anda bisa ke beberapa daerah di Jogja hingga ke tempat yang jauh seperti Parangtritis dan Borobudur. Pilihan lain bus kota adalah Trans Jogja. Trans Jogja merupakan salah satu generasi terbaru bus kota yang melayani beberapa rute di Kota Jogja. Menariknya, Trans Jogja ini sengaja dirancang dengan rute perjalanan ke beberapa tempat wisata seperti Monumen Jogja Kembali, Pura Pakualaman, Candi Prambanan dan berbagai area kuliner dalam kota. Naik Trans Jogja juga tak perlu membuat Anda mengeluarkan uang banyak. Sebab tarif naik Trans Jogja ini hanya sebesar Rp 3.600/orang per satu kali perjalanan.

  1. Bus Wisata Domapan

Jika di Bandung ada Bandros sebagai bus wisata, maka di Jogja juga ada bus wisata yang bernama Domapan. Bus Wisata yang satu ini tentu bisa Anda jadikan salah satu alternatif transport di Yogyakarta selama Anda berlibur. Nama Domapan yang memiliki akronim dua lima delapan (258) merupakan angka hari jadi Kota Yogyakarta saat itu. Bus Wisata Domapan sendiri digagas oleh operator telekomunikasi Telkomsel tahun 2014 dengan wujud bus tingkat dengan konsep terbuka tanpa atap di bagian atas-nya. Dengan konsep ini tentu akan menjadi pilihan menarik untuk Anda menyusuri Kota Jogja. Dengan warna kombinasi merah dan hijau ini, bus Domapan akan melayani rute perjalanan Taman Pintar menuju keliling Benteng Keraton dan kembali lagi ke Taman Pintar.

  1. Angkutan Kota (Angkot)

Angkutan Kota atau Angkot adalah sarana transportasi yang umum dijumpai disuatu kota. Namun keberadaan Angkot di Jogja ini terbilang tidak terlalu banyak hingga sulit didapati. Salah satu angkot yang masih beroperasi di Kota Jogja adalah angkot berwarna kuning yang sering disebut angkot mino. Angkot mino ini sendiri melayani rute  arah Minomartani – Jl. Affandi – Jl. Colombo – UGM. Untuk tarif angkot mino ini terbilang murah yakni Rp 4.000 setiap kali naik ke semua jurusan. Untuk bisa naik angkot anda harus bersiap berada di pinggir jalan Kota Jogja untuk mencegatnya yang beroperasi dari jam 6.00 hingga 17.00 WIB.

  1. Becak

Moda transportasi becak di Kota Jogja memang masih dipertahankan di tengah modernisasi. Becak sendiri akan banyak Anda jumpai di kawasan Malioboro. Dengan tarif yang bervariasi tergantung jauhnya tempat yang dituju, Anda bisa keliling Kota Jogja dengan nuansa yang berbeda. Seperti keliling Malioboro maka biasanya tarifnya adalah antara Rp 10.000 – Rp 15.000. Menariknya becak-becak di Kota Jogja ini masih mempertahankan keasliannya yang merupakan becak kayuh. Di daerah lain, becak memang banyak yang berubah wujud dari becak kayuh menjadi becak motor (bentor). Namun di Jogja, becak masih bertahan dengan orisinalitas yang dimiliki.

  1. Andong

Jogja yang kental dengan nuansa tradisional Jawa memang unik. Buktinya, di tengah modernisasi yang gencar, transportasi tradisional seperti andong masih dipertahankan. Andong memang merupakan transportasi khas Jogja, bahkan menjadi kendaraan keluarga kerajaan dan bangsawan Kesultanan Jogja pada zaman dahulu. Dengan tenaga kuda yang dimiliki, Anda bisa naik andong keliling Kota Jogja yang pastinya akan menciptakan kesan tersendiri. Tentu dengan tenaga kuda pada andong, maka rute perjalanan yang dilayani terbatas pada jarak dekat saja. Untuk naik angkot, Anda bisa mendapatinya di kawasan Malioboro. Sementara itu untuk tarif andong ini adalah berkisar antara Rp 20.000,- hingga Rp 100.000,- tergantung dekat-jauhnya tujuan Anda. Tentu tarif ini bisa berubah bila Anda pandai menawarnya.

  1. Mobil Rental

Terakhir, alternatif transport di Yogyakarta yang bisa Anda gunakan untuk keliling Kota Jogja adalah mobil rental. Mobil rental ini merupakan kendaraan yang bisa mengantarkan Anda ke mana saja dalam liburan di Jogja. Dengan menyewa mobil rental maka Anda bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata yang ada dalam daftar rencana dengan leluasa. Ya, saat meyewa mobil rental maka Anda memang akan punya bisa keleluasaan yang tidak bisa didapati saat naik transportasi umum. Nah bila Anda ingin mencari sewa mobil Jogja, referensi Karental.ID akan mumpuni untuk dipilih dalam berlibur dan berwisata di Jogja.

Related Posts

Comment